Senin, 05 Agustus 2013

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menstruasi

Pada saat menstruasi tingkat stres perempuan meningkat seiring dengan perubahan suasana hati yang ekstrim. Selain stres, kondisi tubuh pun dapat menurun, seperti merasakan perut kram, mual dan pusing.

Lebih dari setengah perempuan mengalami gejala tersebut terutama di usia yang masih muda. Namun gejala ini dapat dikurangi bila kita bisa mengatur pola makan dan nutrisi yang diasup. Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari selama menstruasi, seperti dirangkum Bold Sky.

1. Kafein
Kafein merupakan salah satu minuman utama yang perlu dihindari karena bisa menyempitkan pembuluh darah dan membuat tubuh terdehidrasi. Maka dari itu bila mengonsumsi kafein, tubuh akan merasa tidak nyaman dan menimbulkan sakit kepala serta meningkatkan kecemasan dan kegalauan. Lebih baik hindari minuman berkafein seperti kopi, soda, dan coklat terutama selama menstruasi.

2. Gula
Hindari makanan manis seperti permen atau soda karena mengandung kadar gula yang tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi membuat kadar gula dalam darah meningkat dengan drastis dan dapat membuat Anda mudah merasa kesal dan cepat lesu.

3. Makanan Junk Food
Makanan cepat saji atau junk food perlu dihindari karena mengandung banyak lemak trans. Lemak trans ini akan meningkatkan hormon estrogen yang bisa memunculkan rasa sakit tiba-tiba di rahim. Sehingga perut akan terasa keram dan sakit.

4. Makanan Olahan
Makanan kaleng atau olahan perlu dihindari selama menstruasi karena kandungan sodium di dalamnya sangat tinggi. Konsumsi sodium berlebih bisa mempengaruhi penyimpanan air dalam tubuh dan membuat tubuh membengkak. Jadi lebih baik anda hindari makanan olahan seperti kornet, keju kecap, dan MSG. Selain itu hindari makanan kaleng yang mengandung lebih dari 200 mg sodium.

5. Olahan biji-bijian
Ketika biji-bijian melalui proses pengolahan, nutrisi yang terkandung di dalamnya banyak terbuang. Sehingga yang tersisa hanyalah kandungan gula yang tinggi. Mengonsumsi olahan biji-bijian juga dapat mempengaruhi nafsu makan dan memperburuk gejala saat menstruasi. Makanan seperti pasta, nasi putih, dan roti perlu dihindari untuk mengurangi keram perut saat menstruasi.

6. Goreng-gorengan
Makanan yang digoreng mengandung banyak lemak dan minyak yang dapat meningkatkan hormon estrogen. Sebaiknya hindari makanan yang digoreng seperti jajanan gorengan, kentang goreng atau onion ring untuk membuat rahim stabil dan menghindari rasa keram dan sakit.