Jumat, 03 Mei 2013

Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Suka bingung ga sich kl ke supermarket atau pasar mao bli buah atau sayur apa? Apalagi ada banyak banget macem dan warnanya..
Untuk itu, di bawah ini saya list beberapa manfaat dari buah dan sayuran berdasarkan warnanya. Jadi bisa dpilih manfaat apa yang paling dibutuhkan, baru deh tentuin sayur atau buahnya..
Semoga bermanfaat..
 
1.    Merah
Buah berwarna merah seperti semangka, tomat, anggur, paprika dan delima mengandung phytochemical (zat warna yang melekat pada kulit buah) berupa likopen. Likopen berguna untuk memberikan warna merah pada buah dan merupakan zat antioksidan, sehingga dapat membuat tubuh mampu melawan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker seperti prostat. Lycopene juga mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat mengurangi penyakit kardiovaskular, membuat wajah lebih merona, menurunkan darah tinggi, mengurangi artritis,  dan meningkatkan ketahanan kulit terhadap sinar matahari.

2.    Hijau
Buah dan sayur berwarna hijau seperti bayam, brokoli, sawi, dan kale mengandung phytochemical berupa lutein dan zeaxanthin serta berserat tinggi. Lutein dan zeaxanthin selain memberi warna hijau juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, menghambat dan menahan perkembangan sel kanker yang hidup serta menangkal radikal bebas.

3.    Oranye
Buah dan sayur berwarna oranye seperti labu, mangga, wortel dan aprikot mengandung banyak beta carotene. Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A sehingga dapat meningkatkan sistem imun, penglihatan dan masalah lain yang umumnya dialami seiring dengan bertambahnya usia.

4.    Kuning
Buah dan sayur berwarna kuning seperti jeruk, lemon dan paprika mengandung banyak bioflavonoid yang bekerja sama dengan vitamin C untuk meningkatkan vitalitas kulit, kekuatan tulang dan gigi serta mereduksi kanker dan penyakit jantung.

5.    Biru/Ungu
Buah berwarna biru/ungu seperti anggur, terong, plum, bit dan bluberri mengandung pigmen antoasianin dan flavonoin. Kedua pigmen itu berguna sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah, melindungi otak dari kerusakan, menghambat sel tumor, meningkatkan kemampuan penglihatan, membantu daya ingat, serta baik untuk hati dan imun.

6.    Putih
Buah dan sayur berwarna putih seperti bawang putih, bawang bombay, kembang kol, jamur, bengkoang dan pir mengandung alicin. Alicin mampu mengontrol kolesterol dan tekanan darah serta menghambat pertumbuhan sel kanker (usus, payudara, dan prostat) secara alami.

7.    Hitam
Pigmen gelap pada sayur dan buah dapat digunakan untuk mengukur kadar antioksidan yang terkandung di dalamnya. Lentil hitam (cokelat), kacang hitam dan beras hitam menyediakan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan warna lainnya.

Sumber: