Senin, 13 Mei 2013

Nutrisi yang Memiliki Efek Signifikan untuk Kesehatan

1.       Quercetin
Dapat ditemukan pada capers, apel, bawang, dan sorrel. Berguna untuk mencegah oksidasi kolesterol LDL, mencegah alergi, serta masalah paru-paru dan pernapasan.

2.       Ellagic acid
Dapat ditemukan pada raspberries, strawberries, delima, dan walnut. Berguna sebagai antioksidan, zat anti kanker saluran pencernaan dan mereduksi produksi ATP sel kanker.

3.       Carotenoids
Atau disebut juga beta carotene, dapat ditemukan pada jeruk, pepaya, dan wortel. Berguna untuk dikonversi menjadi vitamin A, mengurangi level kolesterol dalam hati dan baik untuk mata.

4.       Lycopene
Paling banyak ditemukan pada tomat. Berguna untuk mengurangi resiko kanker prostat dan mengurangi resiko penyakit hati.

5.       Lutein
Dapat ditemukan pada bluberries dan labu. Berguna untuk kesehatan mata dan mencegah penyakit jantung.

6.       Vitamin C
Dapat ditemukan pada jeruk, cabai dan nanas.  Berguna untuk menjaga kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan memperkuat otot serta persendian.

7.       Flavonoids
Termasuk di dalamnya anthocyanins, flavones, isoflavones, proantocyanidins dan quercetin (zat yang memberikan warna pada kulit buah dan sayuran). Dapat ditemukan pada semua buah dan sayuran. Berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan merupakan sumber antioksidan serta dapat mengurangi peradangan.

8.       Beta-glucan
Dapat ditemukan pada jamur. Berguna untuk membantu menjaga kekebalan tubuh dengan memberi dukungan pada sel darah putih.

9.       EGCG (Epigallocatechin gallate)
Dapat ditemukan pada teh hijau. Berguna untuk mengurangi resiko kanker usus dan payudara, menambah kekebalan tubuh, mendorong pembentukan T-cell yang melindungi tubuh dari penyakit.

10.   Bioflavonoids
Dapat ditemukan pada jeruk. Berguna untuk mengurangi kolesterol dan membantu penderita arthritis.