Selasa, 14 Mei 2013

Buah-buahan

Buah untuk Menjaga Kesehatan

Apel? Pisang? Jeruk? Durian? Nanas?
Hmm..
Yg mana ya buah yang harus dimakan supaya kesehatan kita tetap terjaga? Sebenernya, semua buah itu dapat menjaga kesehatan tubuh, tapi ada beberapa buah yang dirasa paling baik untuk dikonsumsi, seperti dikutip dari Times of India berikut ini :

1.       Kiwi

Kiwi merupakan sumber potasium (mineral untuk membantu menurunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi sistem saraf otonom yang mengontrol detak jantung), mengandung banyak vitamin E, magnesium dan serat. Kandunga vitamin C yang terkandung di dalam kiwi dua kali lipat lebih besar daripada jeruk.

2.       Apel

Apel memiliki kadar antioksidan dan flavanoid (zat yang dapat meningkatkan manfaat dari vitamin C) yang banyak sehingga risiko masalah usus, serangan jantung, kanker dan stroke menurun. Selain itu, apel juga dapat digunakan untuk mengontrol berat badan dan tingkat kolesterol (seratnya dapat mencegah reabsorpsi kolesterol).

3.       Strawberries

Strawberries memiliki kandungan antioksidan paling tinggi diantara buah-buah yang lainnya. Strawberries dapat melindungi tubuh dari penyebab kanker dan penyumbatan pembuluh darah akibat radikal bebas.

4.       Jeruk

Memakan dua sampai empat buah jeruk setiap hari dapat membuat flu menjauh, menurunkan kolesterol, mencegah dan melarutkan batu ginjal serta mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

5.       Semangka

Semangkan mengandung mineral hingga 92% dan memiliki kadar glutathione (penangkal radikal bebas, pengusir racun dan meningkatkan kekebalan tubuh) yang tinggi. Selain itu, semangka juga merupakan sumber utama likopen (antioksidan yang melawan kanker).

6.       Jambu biji

Mengkonsumsi jambu biji secara rutin dapat memperlancar sirkulasi darah, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kanker.

7.       Pepaya

Pepaya mengandung likopen, vitamin C, kalium dan asam folat yang membuatnya menjadi buah yang sangat menyehatkan. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A dan dapat memperlancar pencernaan.