Kamis, 30 Mei 2013

7 cara alami mengatasi kerontokan rambut

Suka bingung karena banyak rambut rontok d sisir atau waktu keramas? Sebenernya berapa banyak sich kerontokan yang dianggap wajar?
Well, menurut beberapa penelitian, kerontokan 100 helai rambut per hari masih berada dalam batas wajar. Tapi gimana carany kita bisa tau itu udah 100 helai atau blom ya??
Daripada bingung-bingung ngitungin helai rambut, berikut ada beberapa cara alami untuk mengurangi kerontokan. Silahkan dsimak..

1.      Jahe
Rempah yang sering menjadi bumbu masakan ini punya cara menakjubkan dalam merangsang folikel rambut sehingga rambut akan terus tumbuh dan kerontokan dapat diatasi. Untuk membuat minyak perawatan rambut dari jahe, parut jahe dan campurkan dengan minyak wijen. Pijat minyak jahe ke kulit kepala Anda, diamkan 10 menit lalu bilas sampai bersih

2.      Protein
Apakah Anda tahu bahwa protein dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan? Mulailah konsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti ikan, atau coba minum protein shake setiap hari untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan tebal.

3.      Vitamin B12
Cara lain untuk menghentikan kerontokan adalah dengan mengonsumsi vitamin B12. Manfaat dari vitamin B12 sangat penting untuk menjaga sel-sel rambut dan kulit kepala agar selalu sehat. Vitamin ini dapat membantu pembentukan sel darah merah, yang dapat membantu menyediakan oksigen dalam tubuh Anda.T elur, daging, susu, dan unggas adalah makanan yang banyak mengandung vitamin B12.

4.      Minyak Lavender
Minyak dengan efek menenangkan ini dapat membantu Anda menyelesaikan masalah kerontokan dan terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya pijat kulit kepala Anda dengan minyak lavender selama 15-20 menit, lakukan rutin dua kali seminggu

5.      Green Tea
Selain dipercaya berguna untuk melangsingkan tubuh, antioksidan dari teh hijau sangat bermanfaat mengurangi rambut rontok dan sangat berguna untuk memberikan efek segar di kulit kepala. Tipsnya, seduh teh hijau dan diamkan semalaman sampai basi, basuhkan air teh hijau ke seluruh permukaan rambut dan bilas dengan air hangat.

6.      Jangan sisir saat basah
Tinggalkan kebiasaan untuk mensisir rambut dalam keadaan basah dan tidur dengan rambut basah karena akan membuat rambut makin rontok. Rambut dalam keadaan basah cenderung akan lebih mudah patah. Gunakan sisir bergigi jarang untuk meminimalkan rambut yang patah.

7.      Lidah buaya dan madu
Cara lain untuk menghentikan rambut rontok adalah dengan menggunakan khasiat vitamin dan mineral dalam lidah buaya yang dapat menyuburkan rambut. Anda bisa membuat sendiri ekstrak lidah buaya, caranya potong lidah buaya sampai keluar gel campurkan dengan sedikit madu dan oleskan pada rambut Anda. Biarkan selama 20 menit, dan bilas dengan shampoo.