Selasa, 02 Juli 2013

6 Gangguan Kesehatan yang Dapat Disembuhkan Secara Alami


Obat-obatan saat ini selain memiliki harga yang terbilang cukup mahal, sering kali dapat menyebabkan penyakit sampingan seperti gagal ginjal. Untuk menghindari hal itu, berikut ini ada beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti dikutip dari She Knows.

1. Jerawat
Jika jerawat Anda tergolong ringan, atau hanya muncul ketika menjelang haid maka tidak perlu ke dokter kulit atau membeli produk perawatan kecantikan mahal untuk menghilangkannnya. Cukup dengan tea tree oil. Minyak ini mengandung antibakteri dan antiseptik alami yang sama efektifnya dengan benzoyl peroxide --bahan yang sering digunakan untuk pengobatan jerawat. Hanya saja risiko iritasi dari tea tree oil lebih kecil. Carilah produk yang mengandung lima hingga 10 persen tea tree oil di dalamnya. Bisa di toko herbal, organik atau toko kosmetik.

2. Napas Tak Sedap
Napas berbau tak sedap tidak hanya membuat tak percaya diri, tapi juga stres. Menggosok gigi dan flossing secara rutin memang bisa mencegah napas tak sedap. Tapi ada juga cara alami, yaitu mengonsumsi probiotik. Probiotik atau bakteri baik bisa mengurangi pembentukan bakteri jahat yang menyebabkan napas tak sedap. Probiotik Streptococcus salivarius K12 bisa ditemukan pada produk-produk yoghurt atau minuman.

3. Gigitan Serangga
Gigitan serangga bisa membuat kulit gatal, merah-merah atau bengkak. Salah satu pertolongan pertama untuk meredakannya adalah tea tree oil. Oleskan minyak ini langsung pada area yang terkena gigitan untuk mengurangi rasa sakit dan gatal, serta mempercepat penyembuhan. Jika tidak punya tea tree oil, buatlah pasta dari baking soda yang dicampur sedikit air, lalu oleskan pada gigitan serangga dan biarkan mengering.

4. Radang Tenggorokan
Banyak produk yang dijual di pasaran untuk meredakan radang tenggorokan. Tapi ada cara alami yang bisa dicoba, yaitu dengan licorice. Campurkan 200 miligram bubuk licorice dengan satu cangkir air hangat, lalu gunakan untuk berkumur selama dua menit. Lakukan setiap hari sampai sakitnya mereda.

5. Diare
Saat diare, makan pisang bisa jadi cara mudah untuk menyembuhkannya. Pisang mengandung serat larut yang disebut pectin. Serat ini bisa menormalkan pergerakan usus, mengobati diare maupun konstipasi. Selain itu pisang juga membantu mengembalikan energi tubuh yang hilang akibat masalah pencernaan tersebut. Menurut para ahli, saat diare, tubuh kekurangan banyak elektrolit dan salah satunya potassium. Sementara pisang kaya akan potassium. Satu buah pisang bisa mengandung 467 miligram potassium.

6. Wasir
Wasir umumnya terjadi karena diet yang kurang serat, kehamilan, konstipasi atau gangguan pada usus. Witch hazel bisa membantu mengurangi sakit pada penderita wasir. Tanaman jenis bunga-bungaan ini punya efek seperti astringent yang mengurangi sakit, peradangan sekaligus menenangkan kulit sensitif. Kompres area yang sakit dengan kain atau handuk yang dibasahi air witch hazel. Tanaman ini bisa didapatkan di toko obat tradisional atau toko herbal.