Jumat, 21 Desember 2012

Fisika

Fisika itu Sulit
 
 
Itu adalah statement yg saya dapatkan selama 4 tahun mengajar les. Sebenarny apa sich penyebab pelajaran fisika itu menjadi salah satu pelajaran penghancur nilai? Apa ada yg salah dengan sistem pendidikan kita? Mari kita telusuri lebih lanjut..
 
 
Setiap saya bertanya, kenapa kamu tidak suka fisika, jawabny mungkin berbeda satu dengan yang lain, tetapi secara garis besar inilah beberapa penyebabny..
 
1. Guruny nyebelin.
Entah mengapa alasan pertama yang sering terlontar dari mulut murid-muridku adalah ini. Mengapa pengajar Fisika itu selalu bapa-bapa atau ibu-ibu dengan sistem mengajar yang keras? Menurut saya akan lebih baik bila dcoba menggunakan guru-guru baru yang masih muda (bila bisa yang tampan/cantik) untuk mengajar. Terus terang saja, bila saya diajar oleh guru yang tampan, saya akan dengan semangat mengikuti pelajaran dan memperhatikan.. :p
 
2. Susah.
Hal lain yang menyebabkan fisika menjadi sulit adalah mindset orang-orang terhadap fisika. Begitu mendengar kata fisika, yang terbersit di benak kita adalah sulit, ga bisa, dan ga penting. Satu hal yang selalu saya katakan pada murid-murid saya adalah jangan pernah mengatakan sesuatu itu susah sebelum dkerjakan. Apabila kita sudah menganggap hal itu susah, maka kita tak akan bisa menyelesaikannya. Percayalah pada kekuatan pikiran, jadi begitu mendengar fisika, asosiasikan kata itu dengan mudah. Setidaknya kita pasti bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik (nilai yang lebih bagus)
 
3. Ga dipake juga nantiny.
Hal lainny adalah, saya kan nanti mau jadi desainer, ngapain belajar fisika? Untuk yang satu ini, memang sedikit sulit, ketika menjelaskan apa gunany fisika, saya selalu terbentur dengan 'saya kan ga mau jadi ilmuwan/dosen/guru, ngapain saya belajar? Toh ntar pas kerja juga ga dipake.' Hmm, sedikit sulit untuk menjawabnya karena terus terang saja, saya pun tidak menggunakan fisika dalam pekerjaan saya. Tetapi segala hal yang terjadi di sekitar kita selalu berhubungan dan dapat dikaitkan dengan prinsip dasar fisika, jadi menurut saya, penting untuk mengetahuinya, meskipun hanya dasar-dasarnya saja..
 
 
Semua ny menjurus pada satu pertanyaan, bagaimana membuat fisika menjadi mudah?
Jawabannya adalah tidak ada. Kita tidak bisa membuat fisika menjadi mudah, karena fisika tidak akan berubah, maka kitalha yang harus berubah. Dimulai dari, jangan membenci guru yang memberi nilai jelek pada kita dan selalu berpikiran positif bahwa kita pasti bisa. Satu hal penting yang selalu terlewatkan adalah, bikin PR. Dengan membuat PR, kita mengerti apa yang tidak kita ketahui, sehingga kita dapat bertanya..
 
Saya sendiri sedikit bingung dengan sistem penilaian di negara kita, semuany hany berorientasi pada satu hal, yaitu nilai. Bila ingin naik kelas, maka harus dapat nilai bagus, bila ingin masuk perguruan tinggi ternama, maka nilai NEM harus tinggi. Bila yang kita kejar selama ini hanyalha nilai, lalu apa artiny proses pembelajaran itu sendiri? Banyak murid yang berpikir, untuk apa saya belajar, toh tinggal nyontek juga ntar nilainya bagus. Itulah pemikiran lain yang harus kita ubah bersama.
Biasakanlha untuk bersikap jujur, tak perduli berapa nilai yang kita dapat sejak kita masih kecil karena itu adalah bibit-bibit dari korupsi..
 
Semoga apa yang saya tulis, dapat bermanfaat bagi kita semua..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar